19 November 2013

KWallet Meminta Password Setiap Membuka Google Chrome

cara nonaktifkan kwallet
Cara Mengatasi KWallet selalu minta password setiap membuka Google Chrome 
Setiap kali membuka Chrome untuk pertama kali setelah komputer di hidupkan, KWallet selalu meminta kita untuk memasukkan password. Bagi sebagian orang itu pasti sangat menyebalkan. Sebenarnya apa fungsi KWallet itu? Baiklah, saya akan coba membahasnya sedikit.

KWallet adalah aplikasi dompet untuk menyimpan data sensitif (misalnya password atau dokumen teks lain) dengan aman. Bagi pengguna desktop KDE, secara default Google Chrome akan terintegrasi dengan KWallet untuk menyimpan password. Misalnya jika kamu mengunjungi situs KDE bugtracker (bugs.kde.org) lalu masukkan data login untuk pertama kalinya, sebuah dialog akan menawarkan untuk menyimpan password pada KWallet.
cara nonaktifkan kwallet
Selanjutnya dilain waktu jika kamu mengunjungi situs KDE bugtracker lagi, kamu hanya perlu memasukkan password KWallet saja, tanpa harus mengetikkan data login lagi. Data yang disimpan di dalam KWallet dienkripsi dengan algoritma Blowfish, kunci algoritmanya merupakan SHA-1 hash dari password sehingga data di dalam KWallet akan aman.

Jika kita ingin KWallet tidak meminta passoword lagi setiap membuka Google Chrome ada 2 cara yaitu: Menghapus aplikasi KWallet atau menonaktifkan integrasi KWallet pada Chrome saja. Saya lebih memilih untuk menonaktifkan integrasi KWallet pada Chrome saja, sehingga aplikasi lain tetap bisa menggunakan KWallet. Alasan lainnya adalah saya menyimpan data sensitif saya seperti PIN Bank, akun hosting, dan data penting lainnya di KWallet. Singkatnya masih memerlukan KWallet. :-D

Cara menonaktifkannya intergrasi KWallet untuk Google Chrome
  1. Buka file konfigurasi KWallet pada ~/.kde4/share/config/kwalletrc menggunakan aplikasi editor kesayangan kamu. Saya menggunakan KWrite.
    KWrite KDE
     
  2. Hapus tulisan "Google Chrome" pada file konfigurasi tersebut dan simpan.
  3. Selanjutnya reboot sistem kamu untuk melihat perubahan yang terjadi.

1 komentar:


EmoticonEmoticon