16 November 2013

Cara Menggunakan software.opensuse.org

openSUSE memiliki layanan yang lebih user friendly bagi pengguna. Berkat proyek opensource Open Build Service, openSUSE menawarkan tempat terpusat berbasis web untuk menginstall paket tambahan dari luar distribusi, yaitu: software.opensuse.org. Tidak perlu menyalin alamat repositori secara manual, pengguna dapat langsung mencari paket yang ingin dia install. Dengan 1-click install, repositori dari paket tersebut secara otomatis akan diterapkan pada sistem.

Cara Install Aplikasi dari software.opensuse.org



  • Setelah masuk ke software.opensuse.org, kamu langsung mengetikkan nama aplikasi yang ingin di install pada kolom pencarian atau menjelajahi berdasarkan kategori aplikasi.

    memilih paket di software.opensuse.org
     
  • Pastikan kamu memilih Repo sesuai versi openSUSE yang digunakan. Maksudnya jangan memakai Repo Factory jika kamu menggunakan openSUSE versi 13.1 atau yang lainnya. Ini untuk menghindari konflik dan stabilitas sistem.
     
  • Install menggunakan 1-click install. Pilih paket dari 'Official Package', jika tidak ada pilih 'Devel Project', jika tidak ada baru kamu pilih 'Home Project'. Lihat gambar berikut:

    memilih paket di software.opensuse.org

    Penjelasan:
    Official Package
    artinya paket tersebut disediakan oleh pengembang openSUSE resmi dan sudah di uji akan kestabilannya.
    Devel Project artinya paket tersebut dikerjakan oleh sekelompok orang (diluar pengembang openSUSE), jadi relatif lebih aman dan stabil dibanding Home Project. Ini pilihan kedua jika official package tidak tersedia.
    Home Project merupakan paket yang disediakan oleh proyek pribadi. Ini merupakan pilihan terakhir jika penyedia dari Official package dan devel project tidak tersedia.


EmoticonEmoticon