14 September 2013

Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer Linux dengan Pidgin

WhatsApp Messanger in Linux


Siapa yang tidak kenal WhatsApp? Ya hampir semua orang dipastikan pernah mendengarnya. WhatsApp Messanger adalah aplikasi pesan yang mirip seperti Blackberry Messanger, bedanya pada WhatsApp nomer ponsel kitalah yang akan menjadi PIN. Tentu saja kita dapat mengirim pesan kepada teman sesama pengguna WhatsApp secara gratis karena menggunakan internet.

Berdasarkan situs resminya, WhatsApp hanya mendukung sistem operasi berplatform mobile saja seperti Android, iPhone, Blackberry, Symbian dan Windows Phone. Walaupun begitu, tutorial kali ini akan membahas cara menggunakan WhatsApp pada Linux yang berplatform desktop.


1. Install Pidgin

Untuk distro Linux apa saja, install terlebih dahulu aplikasi yang bernama "Pidgin".

Untuk Fedora
sudo yum install pidgin

Untuk openSUSE
sudo zypper install pidgin

Untuk Ubuntu dan Debian
sudo apt-get install pidgin

Atau sesuaikan dengan distro linux masing-masing.

Setelah terinstall, sekarang coba jalankan aplikasi pidgin tersebut.


2. Pasang plugin WhatsApp Purple pada pidgin

Plugin inilah yang memungkinkan kita dapat menggunakan WhatsApp pada distro Linux walaupun belum didukung pengembang WhatsApp sekalipun.

Unduh plugin WhatsApp Purple tersebut dari: http://web.davidgf.net/nightly/whatsapp-purple/.

Perhatian: Sesuaikan dengan arsitektur distro linux yang kamu gunakan, misalnya:
Jika disro linux yang kamu gunakan versi 32bit = unduh dari folder 386.
Jika disto linux kamu versi 64bit = unduh pada folder x64.

Salin plugin yang berekstensi .so tersebut ke folder:
~/.purple/plugins/

Setelah kamu menyalin ke folder tersebut, coba jalankan ulang aplikasi pidgin. Maka muncul protokol baru yaitu WhatsApp. Tetapi sampai disini WhatsApp belum bisa kita gunakan karena kita memerlukan password.

WhatsApp in Pidgin



3. Dapatkan Password WhatsApp dengan Yowsup

Yowsup inilah yang akan kita gunakan untuk mendapatkan password WhatsApp. Berikut keterangan lengkapnya dari situs resminya:

Yowsup is a python library that allows you to do all the previous in your own app. Yowsup allows you to login and use the Whatsapp service and provides you with all capabilities of an official Whatsapp client, allowing you to create a full-fledged custom Whatsapp client.

Cara mendapatkan password WhatsApp dengan Yowsup:

Konfigurasi Yousup

Unduh Yowsup:
wget https://github.com/tgalal/yowsup/archive/master.zip

Extract Yowsup:
unzip master.zip

Masuk ke direktori Yowsup:
cd yowsup-master/src

Ubah nama konfigurasi Yowsup:
cp config.example yowsup-cli.config

Ubah konfigurasi Yowsup:
nano yowsup-cli.config

Ubah pada bagian berikut:

cc=62
phone=6281234567890
id=
password=

cc= diisi kode nomer negara, untuk indonesia 62
phone= di isi nomer ponsel kita.
Konfigurasi yang lain, di biarin aja :D.

Lalu, ubah hak akses berkas seperti berikut:
chmod +x yowsup-cli
Meminta kode verifikasi

Setelah melakukan konfigurasi diatas, kita akan meminta kode ke server WhatsApp, buka alamat dibawah ini dan masukkan nomer kamu disana.

Kemudian tunggu sms dari WhatsApp. Setelah mendapat kode verifikasi dari WhatsApp, kita akan meminta password dari WhatsApp. Perhatian: Jangan pernah membalas sms dari WhatsApp.

Meminta password

Jalankan Yowsup.
Caranya:
./yowsup-cli --register 123-456 --config yowsup-cli.config

123-456 itu kode yang kita dapat dari sms WhatsApp tadi. Setelah di jalankan akan keluar tulisan seperti berikut:

status: ok
kind: free
pw: cKVYJV/RzDLMJl1cTj8TSC2QZBQ=
price: Rp9500
price_expiration: 1381774835
currency: IDR
cost: 9500.00
expiration: 1410681978
login: 6281234567890
type: new


Berdasarkan contoh diatas kita salin dan simpan kode password dibelakang "pw" : cKVYJV/RzDLMJl1cTj8TSC2QZBQ= . Password ini akan berbeda-beda pastinya. Sampai pada langkah ini kamu telah mendapatkan password WhatsApp, langkah selanjutnya tinggal menggunakannya pidgin sebagai WhatsApp.

Update:
Jika kamu mendapatkan pesan error setelah menjalankan perintah diatas seperti berikut:
ImportError: No module named dateutil.relativedelta
Install paket yang bernama python-dateutil menggunakan package manager dan ulangi langkah diatas.



4. Menggunakan WhatsApss dengan pidgin

- Buka aplikasi Pidgin dari menu
- Pilih menu Accounts --> Manage Accounts
- Pilih Add
- Pada Login Option, Ubah Protokol menjadi WhatsApp
- Isikan Username dan Password. Username diisi dengan nomer ponsel kamu, dan password diisi dengan password yang kamu dapatkan seperti diatas.
- Alias adalah nama lokal yang hanya muncul di pidgin saja, boleh isi apa saja. Misalnya: Arif atau nama panggilan kamu. Bebas!

Tambahan

Jika kamu memiliki smartphone dengan aplikasi WhatsApp Messanger yang sedang berjalan, tutup dulu aplikasi itu sebelum menggunakan WhatsApp di komputer Linux. Ini karena WhatsApp hanya bisa berjalan disatu perangkat dalam satu waktu. Atau, kamu bisa menggunakan nomer yang berbeda untuk menghindari konflik.

Dapat kita simpulkan bahwa tidak harus memiliki smartphone dengan OS: android, blackberry, ataupun symbian untuk dapat menggunakan WhatsApp. Bahkan jika kamu hanya memiliki ponsel jadul sekalipun (seperti saya), kita bisa memiliki akun WhatsApp dan dengan menggunakan komputer kita berkirim pesan kepada sesama pengguna WhatsApp lain. Yaah walaupun tidak sepraktis pada smartphone yang bisa dibawa-bawa. :-D


Referensi:

https://github.com/davidgfnet/whatsapp-purple
https://github.com/tgalal/yowsup/

28 komentar

mau tanya gan, dalam directori .puple/ ane nggak ada directory .plugin/
gimana?

Buat sendiri folder "plugins" di dalam folder .purple/
Jangan salah kasih nama gan.. :-)

gak muncul tuh gan, di sini kan ??

[root@ghostcyber plugins]# ls
2013-04-07-whatsapp.so
[root@ghostcyber plugins]# pwd
/root/.purple/plugins
[root@ghostcyber plugins]#

Gak muncul apa om? protokol WhatsApp di pidgin? Coba di restart pidgin-nya. :-)
Itu plugin kok yang versi lama? Coba unduh yang versi terbaru: http://web.davidgf.net/nightly/whatsapp-purple/386/last-whatsapp.so

kode verivikasinya mintanya lewat komputer pa hp ya gan

Mintanya lewat komputer, masuk ke alamat ini: http://whitesoft.dyndns.org:2222/whatsapp_sms

Coba lihat lagi langkah2nya diatas.. :-)

cara nyalin plugin "last-whatsapp.so" ke ".purple/plugins/" itu gimana ya? maaf newbie di linux :)

Oh ya, kalau folder ~/.purple/plugins/ belum ada, bisa buat dulu: mkdir ~/.purple/plugins/

Setelah itu tinggal copy-paste menggunakan file manager supaya mudah.

kenapa pas saya ketik di terminal hasilnya gini ya??
Mohon bantuannya kang, hatur nuhun
---------------------------------------------------------------
Satrio-PC src # ./yowsup-cli --register 885-404 --config yowsup-cli.config
Traceback (most recent call last):
File "./yowsup-cli", line 229, in
password = base64.b64decode(bytes(password.encode('utf-8')))
File "/usr/lib/python2.7/base64.py", line 76, in b64decode
raise TypeError(msg)
TypeError: Incorrect padding

Coba ulangi lagi pake kode verifikasi yang berbeda gan...
Cara diatas dulu udah saya coba dan berhasil, gak tau kalo sekarang.. :-D

Terimakasih mas Arif,

caranya ampuh banget,
akhirnya saya bisa WA sambil OL di Linux Zorin OS :)

kenapa ya ini :
munir@munir ~/yowsup-master/src $ cp config.example yowsup-cli.config
munir@munir ~/yowsup-master/src $ nano yowsup-cli.config
munir@munir ~/yowsup-master/src $ ./yowsup-cli --register 392-126 --config yowsup-cli.config
bash: ./yowsup-cli: Permission denied
munir@munir ~/yowsup-master/src $ ./yowsup-cli --register 392-126 --config yowsup-cli.config
bash: ./yowsup-cli: Permission denied
munir@munir ~/yowsup-master/src $ nano yowsup-cli.configmunir@munir ~/yowsup-master/src $ ./yowsup-cli --register 392-126 --config yowsup-cli.config
bash: ./yowsup-cli: Permission denied

Coba file yowsup-cli di ubah hak aksesnya:
chmod +x yowsup-cli

klo bgini npa gan ?


Traceback (most recent call last):
File "./yowsup-cli", line 29, in
import argparse, sys, os, csv
ImportError: No module named argparse

Artinya modul argparse belum ada. Harus install dulu paket yang bernama: "python-argparse". Sesuaikan dengan distro yang agan gunakan.

Kalau pakai ini hpnya harus konek internet juga?

dimana foldernya berada kang...?

enggak... justru disarankan whatapps di hp dimatikan..

Tapi kalo udah pnya di hp ngapain bikin di komputer mas?

Aziz: Buat sendiri mas.. :-D

bagi yang masih kesulitan registrasi bisa dicoba pake WART
bisa diunduh disini https://github.com/shirioko/WART, aplikasi ini dijalankan di windows

tapi poto profil kitanya ga muncul ya di yang lain :(
cuma di pidgin aja

semua jalur registrasi sudah diblokir oleh Whatsapp :D
https://github.com/github/dmca/blob/master/2014-02-12-WhatsApp.md

:-D wah wah, terima kasih infonya.

Udah lama jalankan whatsapp di ubuntu versi 12 , beberapa hari ini tiba2 force close terus. kira2 apanya ya?
udah upgrade dan pidgin dan install ulang masih tetep. mohon bimbingan...

wah sama nih gan.. ane pake debian 7. setelah beberapa menit tiba2 nge close - sendiri..

Kalau saya kok gini ya bang ???

Detected cc: 20
status: fail
reason: bad_param

mantap kang ,saya ingin menggunakan whatsap seperti telegram, bisa dilakukan di PC

udah bisa lagi kok :)


EmoticonEmoticon