18 Maret 2014

Mengenal openSUSE Build Service

open build service

openSUSE Build Service atau yang disingkat OBS adalah layanan server publik yang disokong oleh openSUSE Project, berguna bagi pengembang untuk membangun dan mendistribusikan paket secara otomatis, konsisten dan dapat direproduksi. Bagi pengguna (pamakai software) juga diuntungkan dengan adanya layanan ini. Mereka dapat dengan mudah menemukan paket yang ingin diinstal pada komputernya.

openSUSE Build Service bukan hanya untuk openSUSE


Jika distro lain mempunyai layanan seperti ini hanya untuk distro target sendiri (contohnya PPA milik Ubuntu), openSUSE dengan OBS-nya justru malah mendukung layanan build untuk distro lain. Selain untuk openSUSE dan SUSE (SLES, SLED) sendiri, saat ini OBS mendukung distro target seperti Arch Linux, Debian, Fedora, RedHat, CentOS, Ubuntu dan Univention. OBS juga mendukung arsitektur target i586, x86_64, ppc, ppc64, local, armv6l, armv7l, aarch64, ppc64p7, dan ppc64le. Belum berhenti sampai disini, tidak tanggung-tanggung, openSUSE juga merilis source serta dokumentasi layanan OBS ini untuk publik http://openbuildservice.org/.

owncloud opensuse build service
ownCloud Menggunakan OBS  

Manfaat openSUSE Build Service


Untuk Pengguna

    open build service
  • Anda dapat menemukan versi paket terbaru yang mungkin belum dirilis pada repo resmi openSUSE atau distro lain.
  • Tidak perlu copas manual alamat repo yang menyediakan paket yang anda cari. Anda hanya perlu membuka http://software.opensuse.org/packages dan mencari paket anda disana. Dengan fitur 1-click install, dalam sekejap paket sudah terinstal di komputer, beserta alamat reponya.

Untuk Pemaket (Packagers)

  • OBS-lah yang melakukan build paket anda. Anda tidak perlu menginstal banyak distro dengan arsitektur yang berbeda dibanyak hardware pula. 
  • Secara otomatis menangani masalah dependensi.
  • Dapat dihubungkan dengan proyek lain dengan tujuan untuk menguji patch, dll
  • Dapat menambahkan user lain untuk bekerja secara bersama
  • Dan fitur lainnya, klik https://build.opensuse.org.

opensuse build service

Cara Menginstal Aplikasi dari OBS


klik disini


Pranala luar


EmoticonEmoticon