16 Januari 2013

Cara Mudah Membuat Dual Boot Linux-Windows

cara dual boot linux windowsSaat kita ingin mempelajari Linux, terkadang kita akan berat menghapus Windows yang telah terpasang bertahun-tahun di komputer kita. Apalagi bila banyak pekerjaan (yang berhubungan dengan komputer tentunya) yang masih harus diselesaikan dengan menggunakan sistem operasi Windows.

Tetapi jangan galau dulu sobat. Linux dapat di install berdampingan dengan Windows, tetapi dengan syarat menggunakan partisi yang berbeda. Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai cara membagi partisi Windows untuk di install Linux. Istilahnya Dual Boot, jadi 1 komputer di pasang 2 sistem operasi yang berbeda.

1. Menyipkan Partisi Kosong (freespace)

Resize partisi windows :
1. Buka Control Panel

cara dual boot linux windows

2. Pilih System and Security lalu klik Create and format hard disk partitions.

cara dual boot linux windows

3. Klik kanan pada gambar partisi yang hendak diubah ukurannya, lalu pada menu yang muncul pilih Shrink Volume.

cara dual boot linux windows
  
disini saya memilih drive DATA (D) yang akan di kecilkan partisinya.

4. Pada kotak dialog yang muncul, di bagian "Enter the amount of space to shrink in MB", masukkan angka yang Anda inginkan untuk partisi baru (dalam MB).
Dalam contoh ini saya ingin partisi baru untuk instalasi linux sebesar 30GB maka sama memasukkan angka 30000 di bagian "Enter the amount of space to shrink in MB". Bila sudah klik tombol Shrink.

cara dual boot linux windows

Penjelasannya :
Enter the amount of space to shrink in MB artinya disini sobat memasukkan jumlah space yang akan dipotong, pada gambar di atas saya memotong partisi DATA sebesar 30GB. Jumlah space yang dimasukkan tidak boleh melebihi pada tulisan Size of avaliable shink space in MB.

5. Setelah partisi dibuat maka akan muncul partisi baru seperti ini :

cara dual boot linux windows

Sekarang partisi kosong sudah siap. Anda bisa melakukan instalasi Linux dan ditujukan pada partisi kosong tadi.

2. Membuat Installer linux

Salah satu kelebihan linux adalah linux dapat dijalankan secara Live. Maksudnya kita dapat menjalankan/booting linux melalui media lain seperti Flashdisk, CD/DVD dan bahkan melalui memory card sebelum melakukan installasi.

Coba anda bandingkan kedua gambar dibawah ini :

setup windows xp
Tampilan installer Windows XP

tampilan linuxmint
Tampilan Installer Linux Mint 13 KDE
Dari gambar diatas terlihat bahwa installer linux mint lebih baik dibandingkan dengan windows xp. Linux dapat langsung digunakan (baca: secara live) sebelum melakukan tahap installasi.

3. Tahap Installasi Distro Linux

Ini adalah tahapan proses install linux. Anda dapat memilih distro linux yang mudah untuk digunakan seperti Ubuntu, Linux Mint, Fedora, OpenSuse, atau yang lainnya. Distro tersebut memiliki tampilan grafis yang mudah dan siap untuk dipakai.

Saran dari saya, terutama untuk pemula yang baru bermigrasi ke linux, jangan terlalu memaksa menggunakan distro yang "rumit" seperti Backtrack, Slackware, Arch Linux. Mengapa? karena distro tersebut lebih sulit.

Baca :

22 komentar

Assalamu'alaikum.

Saya telah menerima komentar akang. Alhamdulillah, hikmahnya kita masih terus dan terus perlu belajar. Masih banyak ide-ide lain yang berguna untuk kaum muslimin Indonesia. Tentunya yang tidak melanggar syariat.

Saya melihat blog akang ini dioptimalisasi untuk adsense. Benar? Dan posting-posting akang mengingatkan saya pada masa Teknoplasma kami :)

Wa'alaikumsalam

Lanjutkan menulis gan... ide2 yang agan tulis di blog bener2 menginspirasi saya untuk terus belajar menulis...

Wah tau darimana agan kalau blog saya dioptimalkan untuk adsense?? hehehe ^_^

asalamualaikum...

lngsng ソソªªªª om

gimana bikin dual boot dengan kondisi sistem operasi adalah linux
(blm punya partisi u windows )

terimakasih

Noe kumoidjoyo: waalaikumsalam.. Caranya sedikit lebih panjang:
1. Agan harus menyiapkan partisi buat diinstall windows dengan aplikasi semacam gparted.
2. Setelah itu install windowsnya. Tahap ini harap berhati-hati, jangan sampai partisi linux terformat..
3. Setelah window sudah terinstall, menu boot linux hilang. Ini wajar, karena MBR linux tertimpa oleh MBR Windows dan MBR Windows tidak mengenali ada OS gnu/linux.
3. Agan hanya perlu install lagi MBR Linux (grub)..

asalamualaikum masberooo

udah tk bkin nie, tgal dwnload linux, tolong di bantu yakkkkkkkk

Dimas Aji: Siap membantu.. :-) :-)

Dengan melihat 3 tautan akang, siapa pun mengerti kalau akang optimalkan ini untuk Adsense. Maju terus, Kang! Jangan berhenti menulis.

Akang sudah promosikan blog ini ke mana saja?

Ade Malsasa Akbar: Lebih tepatnya blog ini dioptimalisasikan untuk search engine, terutama google. Walaupun yaaah.. masih kalah jauh dengan blogger senior dengan tema sejenis (tentang FOSS). Kalau adsense saya belum kepikiran, apalagi ini masih memakai subdomain dari blogspot. :-D :-D

Wah, kalau begitu akang beruntung sekali kalau blog ini tidak dikhususkan untuk Adsense, tetapi sudah punya 3 tautan di atas. Itulah syarat penting untuk masuk Adsense.

trs ntar untuk menjalankan secara bergantian gmna?misal dari windows untuk menjalankan linuxnya gmn?

thx banget bro lumayan ane mau bikin dual boot

"jangan lupa komen di blog gue y"

Apakah bisa langsung instal os linux tanpa membuat partisi baru (free space) dengan langsung menggunakan partisi yg ada misal drive D, E atau F.. Thanks sebelumnya

Gk Bisa ya jalankan linux di windows?? :D
Free Download

Nice info kang..
Siap dipraktekkan :)

pada partisi D: ga bisa di shrink.... knp ya?

ane udh ad windows 7
tinggal instal linuxnya gimana?
mohon tuntunan yang runtut

aku sudah intall opensuse untuk tak dual boot dengan Windows 7 tapi ada error di bagian boot manager bunyinya seperti ini "Error occurred while installing GRUB2"
kenapa ya itu ? aku harus gimana ? tolong bantu saya mas.
Matursuwun sakderenge.

Assalamuallaikum,,
langsung ya gan .
gan saya udah utak atik partisinya . dan selesai menginstalnya .
pada saat menginstal , ternyata partisi windows yaitu data D dan E hilang ketika membuka linux dan windowsnya . itu gmn ya gan ?
dan jika agan mempunya software untuk mengembalikan data di hardisk tolong bagi ke saya gan . karna backup data file penting saya juga ikut hilang .

mohon pencerahannya .

Permisi gan, ane mau tanya. Kalau sudah terinstall win 7 terus di install ubuntu/backtrack, GRUB mbrnya ketimpa engga? Mohon bantuannya Terimakasih

panduan instal windows nya lengkap
thanks ya...


EmoticonEmoticon