12 Oktober 2013

Perbaiki GRUB2 openSUSE yang tertimpa Windows

Umumnya, ketika kita ingin dualboot Windows 7 - openSUSE adalah dengan menginstall Windows terlebih dahulu lalu kemudian menginstall openSUSE. Mengapa? Karena bootloader Windows tidak bisa mendeteksi sistem operasi lain. Bootloader openSUSE yang disebut GRUB2 mampu mendeteksi adanya sistem operasi lain, dalam hal ini Windows. Oleh karena itu saat kita ingin dualboot, maka install terlebih dahulu Windows-nya, lalu kemudian install openSUSE setelahnya.

Tetapi pada kasus tertentu, misalnya kita telah menggunakan openSUSE tunggal dikomputer, lalu kita menginstall Windows di partisi yang berbeda dengan openSUSE (dengan tujuan dualboot), maka yang terjadi adalah MBR openSUSE akan 'tertimpa' dengan MBR (Master Boot Record) Windows, dan menyebabkan kita tidak dapat masuk ke openSUSE. Hasilnya, saat kita menyalakan komputer maka akan langsung masuk ke sistem Windows tanpa ada pilihan masuk ke openSUSE lagi. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka postingan kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki MBR (GRUB2) yang hilang setelah menginstall Windows.

Alur untuk mengatasi masalah tersebut kira-kira seperti berikut:

1. Masuk ke openSUSE



Untuk masuk ke openSUSE, kita memerlukan menggunakan Super Grub2 Disk. Super Grub2 Disk adalah image ISO yang berisi GRUB2 portable. Tentunya Super Grub2 Disk dapat membaca dan mendeteksi berbagai jenis sistem operasi dan memungkinkan kita untuk boot kedalam sistem layaknya fungsi GRUB2, bahkan masuk sistem yang bermasalah bootloadernya sekalipun.

Untuk dapat menggunakan Super Grub2 Disk ini, kita harus mem-burn ke dalam CD kosong atau membuat bootable kedalam flashdisk. Kita bisa menggunakan aplikasi CDBurnerXP (Windows) untuk memburning file .iso tersebut kedalam CD atau bisa menggunakan Win32 Disk Imager (Windows) untuk membuatnya bootable di flashdisk.

Setelah membuat media bootable untuk Super Grub2 Disk, kita tinggal mengatur BIOS agar booting pertama ke media tersebut (CD atau Flashdisk). Jika pengaturan BIOS benar, maka kita akan melihat tampilan Super Grub2 Disk seperti berikut:

Pilih Detect any Operating System

super grub2


Maka akan keluar menu booting berikut. Selanjutnya masuk ke menu loader openSUSE. Lihat gambar:

super grub2

Kita telah masuk ke openSUSE dengan bantuan Super Grub2 Disk. Pada langkah ini kita boleh melepas Flashdisk. Langkah selanjutnya yaitu memperbaiki MBR.

2. Perbaiki MBR (Master Boot Record)


Langkah-langkah install ulang GRUB2 seperti berikut:
  • Jalankan aplikasi Boot Loader (modul dari YaST) melalui Menu Utama.


  • yast-bootloader

  • Pada menu drop-down pilih Do Not Install Any Boot Loader. Ini bertujuan untuk menghapus instalasi bootloader opensuse yang telah tertimpa sebelumnya.

yast-bootloader

  • Muncul jendela konfirmasi, tekan Continue. Kemudian pilih OK.

yast-bootloader
  • Biasanya setelah menekan OK, jendela aplikasi Boot Loader akan tertutup. Buka kembali seperti tadi, hingga memiliki tampilan seperti ini.

yast-bootloader
  • Pilih kembali jenis boot loader seperti semula, yaitu GRUB2.

    Anda juga dapat mengakatifkan theme branding openSUSE, klik menu Boot Loader Options.

yast-bootloader
  • Maka akan muncul jendela konfigurasi seperti berikut:

yast-bootloader

Masukkan /boot/grub2/themes/openSUSE/theme.txt pada kolom Console Theme seperti berikut. Kemudian tekan OK. Tekan OK sekali lagi untuk menginstal kembali boot loader openSUSE. Kemudian restart komputer Anda. Jika Anda mengkonfigurasi dengan benar, maka akan muncul tampilan GRUB2 openSUSE beserta menu Windows Loader.



Download Super Grub2 Disk:


1 komentar


EmoticonEmoticon