03 Agustus 2013

Mencoba OpenSUSE versi Tumbleweed (Rolling Release)

cara install opensuse tumbleweed

Tumbleweed adalah proyek openSUSE yang menyediakan repositories rolling update. Sama halnya seperti disto Archlinux, pengguna Tumbleweed juga akan mendapatkan paket software terbaru dan stabil pada komputernya. Pengguna openSUSE Tumbleweed tidak direpotkan lagi dengan memformat hardisk untuk menginstal openSUSE terbaru setiap 18 bulan sekali supaya tetap mendapatkan dukungan update dari pengembang. Dengan openSUSE Tumbleweed, pengguna akan terus mendapatkan dukungan update selamanya..!

Untuk Siapa OpenSUSE Tumbleweed?


OpenSUSE Tumbleweed cocok bagi:
  • Semua pengguna yang menginginkan paket software yang terbaru sekaligus stabil yang terpasang pada komputernya (Bleeding Edge). Kernel yang dipakai juga akan terus diperbaharui mengikuti rilis stabil kernel pada kernel.org.
  • Semua pengguna yang tidak mau repot memformat dan membackup data pada hardisk untuk menginstal versi terbaru setiap waktu. Pengguna openSUSE Tumbleweed akan mendapatkan dukungan update dan keamanan selamanya. Tinggal update dan update saja.
OpenSUSE Tumbleweed kurang cocok bagi:
  • Driver proprietary biasanya hanya menggunakan API kernel versi tertentu dalam pembuatannya. Tumbleweed selalu melakukan update mengikuti perkembangan rilis terbaru kernel upstream (kernel.org). Pengguna yang mengandalkan driver grafis proprietary tersebut akan mendapatkan cara yang sedikit sulit ketika menginstal driver tersebut. Tetapi kamu bisa membaca petunjuknya yang tersedia di wiki NVIDIA dan ATI.
  • Tumbleweed tidak mendukung vmware dan arsitektur mesin virtual hyper-v. Hal itu dikerenakan vmware dan mesin virtual berada pada level kernel sedangkan Tumbleweed selalu mengikuti rilis kernel upstream (kernel.org). Mereka tidak memiliki sumber daya yang ekstra untuk membuat tetap tersedia dengan mengikuti setiap update kernel. Atau bahasa gampangnya developer vmware tidak siap mengikuti perkembangan cepat versi kernel di upstream. Tetapi kamu masih bisa menggunakan virtualbox sebagai pengganti vmware, Virtualbox OSE tersedia untuk versi Tumbleweed. Baca cara install Virtualbox OSE disini.
Bagaimana mencoba Tumbleweed?


OpenSUSE Tumbleweed tidak menyediakan installer CD/DVD khusus dalam bentuk images (*.iso). Tumbleweed hanya menyediakan repositori rolling update saja, sehingga bagi pengguna openSUSE yang ingin mencoba versi Tumbleweed, kamu hanya perlu mengubah repositori dengan menggunakan yaST. Jika kamu belum pernah menggunakan openSUSE sebelumnya, unduh openSUSE disini dan instal sesuai petunjuknya kemudian ubah repositorinya untuk mencicipi versi Tumbleweed. Ikuti petunjuk berikut:

1. Nonaktifkan semua repositori bawaan openSUSE. Atur pada menu yaST -> Software Repositories.
How to disable repositories openSUSE

2. Tambahkan repo tumbleweed dan repo current dengan menggunakan 1-click install berikut. Tanpa melakukan perubahan apa-apa, kamu tinggal klik next dan next saja.


3. Tambahkan juga repo pelengkap berikut, kamu dapat memilih mana yang ingin ditambahkan pada daftar repo yang tersedia. Klik gambar berikut:


4. Setelah itu, jalankan perintah sudo zypper dup pada terminal, pada pertanyaan konfirmasi yang muncuk ketik yes. Tunggu hingga proses selesai, lamanya proses install tergantung dari kecepatan internet kamu.

Selamat kamu sudah menggunakan openSUSE Tumbleweed - sama seperti SayaGreg Kroah-Hartman, dan banyak orang diseluruh dunia. ;-)




Referensi:

6 komentar

Review pengalamannya manteb mas, ditunggu kisah tumbleweed lainnya.

Saya lihat paket di OBS tumbleweed kurang banyak didukung developer ya.

Berarti ini mirip dengan LTS-nya Ubuntu ya kang?
klo di Ubuntu 5 tahun, klo di tumbleweed selamanya?
klo aplikasi di repo tumbleweed sama lengkapnya dengan yang di opensuse versi biasa?
Terus bisa ngga, kita pake repo selain di tumbleweed?
mohon maaf tanya terus, newbie di opensuse :)

Bukan mas. Repo Tumbleweed itu rolling update mirip seperti Arch. Ada lagi Repo Evergreen, itu mirip LTS di Ubuntu. :-)

Menurut saya sama aja lengkapnya, jika aplikasi yang ingin di install masih tidak ada. Mas langsung aja buka http://software.opensuse.org/search dan install lewat 1-click install dari sana.

Untuk paket2 tertentu misalnya driver vga proprietary dan vmware yang memerlukan API kernel tertentu memang tidak tersedia untuk versi Tumbleweed.

Tapi untuk paket lainnya selalu ada untuk tumbleweed. Jika tidak ada, bisa langsung membuka http://software.opensuse.org/search . Oh ya repo factory juga kompatibel dengan Tumbleweed. :-)

weleh, ternyata blognya bang arif budiman :D
blognya bagus bang :)

:-D wkwkwk ketauan juga..


EmoticonEmoticon