03 Agustus 2013

Memperbaiki Font Rendering OpenSUSE dengan Infinality

Memperbaiki font pada linux opensuse
Apa itu font rendering? 

Font rendering adalah proses menterjemahkan font (huruf) dari deskripsi vektor ke deskripsi bitmap dan melibatkan beberapa anti-aliasing pada font untuk membuatnya lebih halus dan lebih mudah dibaca pada layar komputer. Sedangkan Infinality adalah paket perbaikan pada jenis font Freetype untuk membuat font rendering yang lebih baik dan mudah diatur. Dengan menggunakan infinality, anda bisa dengan mudah mengubah gaya font meniru seperti gaya  OSX, OSX2, Windows 98, Windows XP, Windows 7 atau bisa juga menggunakan gaya default infinality sendiri.

Perbedaan konfigurasi font dengan atau tanpa menggunakan infinality dibawah ini:

KInfo default openSUSE
kInfo dafault pada openSUSE (klik untuk memperbesar)

Kinfo dengan infinality
KInfo dengan infinality (klik untuk memperbesar)
Perhatian: Gambar diatas yang dilihat bukan resolusinya (karena memang diambil dari komputer berbeda), tapi lihat perbedaan hurufnya. Gambar pertama saya ambil dari wiki openSUSE, dan gambar kedua saya ambil dari tangkapan layar komputer saya. :-D

Bagaimana cara install infinality pada openSUSE 12.3? 

Caranya sangat mudah. Anda bisa memilih salah satu cara berikut:

- Install menggunakan 1-click install.


- Atau bisa juga install menggunakan terminal. 
Jalankan perintah: sudo zypper install fontconfig-infinality

Bagaimana cara install infinality pada openSUSE versi sebelumnya?

Untuk menginstall infinality pada openSUSE versi sebelumnya atau pada openSUSE Tumbleweed, anda hanya perlu membuka http://software.opensuse.org/package/fontconfig-infinality menggunakan web browser dan menginsallnya menggunakan 1-click install dari sana.

Setelah paket fontconfig-infinality terpasang, maka konfigurasi gaya font anda akan mengikuti pengaturan default infinality secara otomatis. Jika anda menyukainya, maka anda tidak perlu melakukan tindakan apa-apa. Tetapi jika anda ingin mencoba konfigurasi gaya font yang berbeda, jalankan perintah infinality-ctl setstyle menggunakan terminal, seperti gambar dibawah:

How Config Infinality openSUSE
Mengganti gaya font menggunakan infinality


Referensi:


EmoticonEmoticon