03 April 2013

Cara Install Codec Multimedia di openSUSE 12.3

Codec Multimedia OpenSUSESecara default, openSUSE 12.3 dan versi sebelumnya hanya menyertakan software-software bebas saja, sehingga openSUSE tidak menyertakan codecs untuk membuka atau memutar format seperti mp3, mpeg4, Ogg Theora, Ogg Vorbis, Flac, dan lainnya, karena format tersebut memiliki lisensi non-free.

Namun itu bukan berarti anda tidak dapat memutar atau membuka format tersebut. Anda akan bisa memutar mp3 dan file multimedia lain setelah membaca tutorial dibawah ini. Panduan berikut akan membahas cara memasang Codecs dan Restricted formats di openSUSE dengan sangat mudah. Jadi, nantinya anda akan dapat memutar berbagai jenis file musik dan video pada openSUSE 12.3 anda. :)

1. Melalui 1-Click. (Online)
Ini merupakan cara termudah. anda cukup melakukan klik pada gambar berikut, dan otomatis codecs akan terpasang. Klik menggunakan browser firefox.

Untuk openSUSE KDE:


Untuk openSUSE Gnome:


Jika muncul peringatan seperti berikut, jangan panik. Klik OK -- Try Again.
Codec Multimedia OpenSUSE

2. Melalui zypper (Online)

Caranya tidak terlalu sulit, hanya lebih panjang dari pada dengan cara 1-Click diatas.
Buka aplikasi terminal lalu..

- Tambahkan repo packman berikut:
zypper addrepo -f http://mirror.linux.or.id/linux/opensuse-packman/suse/12.3/ packman
zypper addrepo -f http://opensuse-guide.org/repo/12.3/ dvd 

- Lalu install

Buat KDE
zypper install libxine2-codecs k3b-codecs ffmpeg lame gstreamer-0_10-plugins-bad gstreamer-0_10-plugins-good-extra gstreamer-0_10-plugins-ugly gstreamer-0_10-plugins-ugly-orig-addon gstreamer-0_10-plugins-ffmpeg libdvdcss2 

Buat GNOME, xfce, dan lxde
zypper install libxine2-codecs ffmpeg lame gstreamer-0_10-plugins-bad gstreamer-0_10-plugins-ugly gstreamer-0_10-plugins-good-extra gstreamer-0_10-plugins-ugly-orig-addon gstreamer-0_10-plugins-ffmpeg libdvdcss2 gstreamer-plugins-bad gstreamer-plugins-good gstreamer-plugins-ugly gstreamer-plugins-ugly-orig-addon gstreamer-plugins-good-extra totem-browser-plugin x264 


Offline Install (Khusus untuk desktop KDE)

Buat yang terkendala dengan koneksi internet, anda bisa melakukan pemasangan codec secara offline.
Download codecs multimedia offline berikut.

install codec offline opensuse

Ekstrak arsip yang telah di download dan baca file readme.txt yang telah saya buat untuk melihat cara install codec offline lengkap dengan dependensi pada openSUSE 12.3.

2 komentar:


EmoticonEmoticon