04 April 2013

Masalah Brightness OpenSUSE 12.3 pada Asus Eee PC


Fn key openSUSEBeberapa menit setelah openSUSE 12.3 rilis di situs resmi opensuse.org, saya langsung mengunduh ISO image openSUSE 12.3 versi KDE Live dan menginstallnya pada netbook mungil saya, Asus Eee PC 1015cx. Semua hardware mulai dari kartu grafis, speaker, mic, touchpad, sampai camera webcam dapat berfungsi dengan sempurna.

Masalah timbul ketika saya ingin menurunkan tingkat kecerahan layar (brightness) melalui kombinasi tombol Fn + F5. Ini tidak berfungsi. Namun setelah saya melakukan googling, menjelajahi belantara situs-situs web dari berbagai belahan dunia, saya akhirnya menemukan cara menyelesaikan permasalahan ini. Nah, karena itu, panduan dibawah ini akan membahas cara mengatasi tingkat kecarahan layar (brightness) openSUSE 12.3 pada Asus Eee PC.

Langkah-langkahnya

1. Melalui tombol menu (Applications Launcher), buka aplikasi YaST

Masalah Brightness OpenSUSE


2. Pilih Boot Loader

Masalah Brightness OpenSUSE


3. Pastikan anda memilih GRUB2, lalu klik Boot Loader Options.

Masalah Brightness OpenSUSE


4. Pada bagian Optional Kernel Command Line Parameter, tambahkan baris: "acpi_osi=Linux acpi_backlight=vendor" tanpa tanda kutip pada baris paling akhir.
Lihat gambar!

Masalah Brightness OpenSUSE

5. Pilih OK dan Reboot komputer anda.

Periksa apakah kombinasi tombol untuk menurunkan atau menaikan kecerahan layar sudah berfungsi dengan baik di netbook anda.

Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon