06 Desember 2012

Sejarah Pemrograman Bahasa C++

sejarah bahasa C++
Apa itu Bahasa C++?
Bahasa C++ adalah pengembangan dari bahasa C, salah satu bahasa pemprograman. Bahasa C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup dari AT&T Bell Laboratories di tahun 1980-an. Lalu pada tahun 1983 hingga 1984 bahasa C++ dikembangkan lagi dengan menambahkan beberapa fitur yaitu virtual functions, function overloading, referensi dengan simbol &, konstan keyword, dan satu baris komentar dengan 2 tanda forward slashes (//).

Pada awalnya bahasa C++ bernama bahasa C with class sebelum akhirnya berubah nama pada tahun 1983. Disebut bahasa C with class karena C++ muncul sebagai bahasa C yang dilengkapi dengan fitur kelas. Dalam implementasinya untuk memecahkan masalah C++ akan membagi suatu obyek menjadi beberapa kelas dan menjelaskan setiap kelas yang sebelumnya merupakan anak kelas dari kelas tersebut. Di setiap kelas ini akan digambarkan mengenai keadaan obyeknya, anggota dan kemampuan setiap obyek di dalamnya. Nah, setelah setiap kelas dibuat, masalah akan diselesaikan satu per satu lewat kelas.

Berikut contoh bahasa C++ yang sederhana:

#include <iostream>
using namespace std;

int main ()
{
  cout << "Hello World!";
  return 0;
}

Itulah Sejarah dari bahasa C++, untuk lebih jelasnya kunjungi http://www.cplusplus.com/info/history/ atau http://en.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B.

Artikel selanjutnya akan membahas Struktur Pemrograman C++.

1 komentar

Sangat bagus bahan ajaranx bro.. sukses selalu...


EmoticonEmoticon