02 Desember 2012

Cara Install Oracle Java di Ubuntu via PPA

Cara install Oracle Java 7 di Ubuntu
Meskipun OpenJDK sudah terinstall secara default di Ubuntu, tetapi ada sesuatu hal sehingga kita membutuhkan Java dari Oracle. Oracle JDK7 tidak di-host di PPA karena hal tersebut tidak diizinkan oleh lisensi Java yang baru (yang juga merupakan alasan mengapa telah dihapus dari repositori Ubuntu resmi). Jadi untuk menginstallnya sobat harus download file *.tar.gz dari website oracle dan install secara manual, dan mungkin cara itu bagi sebagian orang akan sangat merepotkan.

Tapi tenang, kali ini saya akan share Cara Install Oracle Java terbaru dengan oracle-java7-installer. Jadi aplikasi installer ini otomatis mendownload (dan menginstal) Oracle Java JDK 7 dari situs resmi dan menginstalnya pada komputer sobat. Didalam package Oracle Java JDK 7 ini terdapat Java JDK, JRE dan Java browser plugin, dan akan terinstall secara otomatis.

Tambahkan PPA berikut melalui terminal lalu update. PPA ini mendukung Ubuntu 12.10, 12.04, 11.10, 11.04 dan 10.04 serta turunannya seperti linuxmint 13 dan lain-lain.
sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
sudo apt-get update 
Install dengan perintah:
sudo apt-get install oracle-java7-installer 

Installer ini akan mendownload oracle java7 di situs resminya, tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, lakukan cek apakah oracle java sudah terinstall, ketikkan ini diterminal:
java -version 
Jika berhasil, akan terlihat mirip seperti berikut :
java version "1.7.0_04"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.7.0_04-b20)
Java HotSpot(TM) Server VM (build 23.0-b21, mixed mode)  


EmoticonEmoticon