Setelah kemarin kita belajar mengenai variabel pada bahasa C++, kali ini kita akan belajar mengenai konstanta. Apa itu konstanta? Ya konstanta itu suatu nilai yang tetap alias tidak akan berubah. Nilai konstanta dapat berupa bilangan ataupun teks. Paham kan sobat ??
Ada 2 cara untuk mendefinisikan konstanta, yaitu :
- Menggunakan direktive Preprocessor yaitu #define
- Menggunakan conts
Ok, sekarang saya terangkan satu persatu.
1. Menggunakan direktive Preprocessor yaitu #define
Kita dapat menggunakan direktive Preprocessor untuk konstanta yang sangat sering kita gunakan tanpa harus memanggil tipe data. Formatnya begini :
#define nama_konstanta nilai_konstanta
Contoh penggunaannya :
// mendefinisikan konstanta : keliling lingkaran #include <iostream> using namespace std; #define phi 3.14159 int main () { double r=10; // jari-jari double keliling; keliling = 2 * phi * r; cout << keliling; return 0; }
Source code di atas menggunakan baris #define phi 3.14159 untuk mendefinisikan konstanta phi dengan nilai 3.14159. Kita juga telah menggunakan tipe data double untuk bilangan desimal.
2. Menggunakan conts
Format penggunaannya:
2. Menggunakan conts
Format penggunaannya:
const type_data nama_konstanta = nilai_konstanta;
Jadi dengan menggunakan conts, kita harus menentukan tipe datanya terlebih dahulu. Contoh penggunaannya:
// mendefinisikan konstanta : keliling lingkaran #include <iostream> using namespace std; int main () { const double phi = 3.14159; double r=10; // jari-jari double keliling; keliling = 2 * phi * r; cout << keliling; return 0; }
Bagaimana, sudah pahamkan?
Kedua syntax atau source code diatas ketika di compile dan di run akan menghasilkan output program yang sama, yaitu seperti berikut :
Thankyou!!
BalasHapus