02 Desember 2012

Geany, IDE yang Ringan dan Powerfull

Geany Logo

Bagi anda yang membutuhkan IDE yang lebih baik pengganti Borland C++ (yang sudah ketinggalan jaman). Kita dapat menggunakan Geany. Geany adalah IDE yang sangat ringan dan ukurannya kecil tetapi 'powerfull', cocok buat anda yang baru belajar bahasa pemprograman C++.

Sebenarnya Geany juga mendukung banyak bahasa pemprograman seperti:
Abc, ActionScript, Ada, ASM, C, C#, C++, CAML, CMake, Conf, CSS, D, Diff, Docbook, F77, Ferite, Fortran, FreeBasic, GLSL, Genie, HTML, Haskell, Haxe, Java, Javascript, LaTeX, Lua, Make, Markdown, Matlab, NSIS, Pascal, Perl, PHP, Po, Python, R, reStructuredText, Ruby, Sh, SQL, Tcl, Txt2tags, Vala, Verilog, VHDL, XML dan YAML.

Geany tidak memerlukan depedency yang banyak, itulah mengapa geany ringan digunakan. Geany dapat juga di install di banyak sistem operasi, seperti Linux, FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, MacOS X, AIX V5.3, Solaris Express dan Windows.

Selain itu geany memiliki fitur-fitur seperti :
  • Syntax highlighting
  • Code folding
  • Symbol name auto-completion
  • Construct completion/snippets
  • Auto-closing of XML and HTML tags
  • Call tips
  • Symbol lists
  • Code navigation
  • Men-debug system untuk meng-compile dan meng-eksekusi kode
  • Simple project management
  • Tersedia Plugin (lihat Plugins)


Geany, ide yang ringan
Geany

Pada dasarnya Geany adalah sebuah IDE tanpa program buat meng-compile degan kata lain hanyalah sebuah hanya text editor. Untuk melakukan Compile dan Build kita memerlukan program lain untuk itu. Untuk itu sebelum memasang geany, kita memerlukan program buat compile code yang kita buat.


Untuk Compile kode C dan C++

Install GCC:
sudo apt-get install g++

Untuk Compile pascal

Install free pascal:
sudo apt-get install fpc fp-compiler

Untuk Compile Java

Silahkan install terlebih dahulu Java JDK.

Install geany di Linux cukup mudah. Bagi pengguna distro turunan Debian dan Ubuntu cukup ketikkan:
sudo apt-get install geany

Sedangkan cara untuk install geany pada distro linux lainnya klik disiniUntuk menulis source code buka geany melalui File - New, atau dapat juga melalui File - New (with Template). Untuk mengaktifkan autocomplete, buka Edit - Preferences -  Editor - Comptetions. Centang semua yang ada di  bagian auto-close quotes and brackets.


menu editor geany

Selamat Mencoba ^_^

6 komentar:

  1. Geany sudah menjadi tool yang saya gunakan sehari-hari. Saya sangat terbantu dengan geany. Super ringan tapi powerful!

    BalasHapus
  2. Bang brother, sekedar saran. Tolong dibenahi ukuran comment form nya, coz waktu saya mau komen, saya nggak bisa verifikasi. Secara saya buka lewat Firefox ini.

    Saya baru bisa komen dengan mengubah ukuran tinggi iframe lewat Firebug.

    BalasHapus
  3. Terimakasih Bang Aditya. Tinggi iframe komentar sudah di tambah, Sekarang bahkan bisa komentar tanpa ribet memasukkan captcha lagi. hehe

    BalasHapus
  4. terima kasih gan info nya bagus

    BalasHapus
  5. sip,... tak coba dulu.. :D

    BalasHapus


EmoticonEmoticon