28 Desember 2012

Cara Install Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

Cara Install Ubuntu 12.04

Ubuntu merupakan salah satu distro linux yang populer di dunia. Ubuntu 12.04 LTS adalah versi Ubuntu yang didukung paling lama oleh pengembang dengan dukungan untuk lima tahun ke depan. Ubuntu 12.04 sudah memasuki update ke 2 yaitu versi 12.04.3, hadir dengan banyak  perbaikan pada Unity. Anda benar-benar dapat mengunduh dan memasangnya dengan GRATIS di komputer anda.

Download

Ada 2 jenis file ISO dari Ubuntu, yaitu 32 bit dan 64 bit. Aturan umum yang sering di pakai :
Jika ukuran RAM komputer lebih besar dari 4 GB pilih yang 64 bit, jika kurang dari 4 GB, pilih yang 32 bit.
Jika masih ragu, untuk lebih amannya download saja yang 32 bit.

Download Ubuntu 12.04.3 32 bit :


Download Ubuntu 12.04.3 64 bit :



Membuat Installer
Disini sobat dapat membuat installer pada DVD atau di USB Flashdisk.

Tahap Instalasi

Gantilah urutan booting BIOS Anda ke drive CD/DVD Rom sebagai pilihan pertama, jika menggunakan CD/DVD. Atau booting ke flashdisk jika menggunakan flashdisk sebagai installer.

Jika proses booting CD/DVD ubuntu berjalan dengan lancar, maka anda akan mendapatkan tampilan seperti berikut.

Cara Install Ubuntu 12.04

Ada 2(dua) pilihan yang diberikan, yaitu Try Ubuntu untuk mencoba Ubuntu melalui Flashdisk/DVD secara langsung dan dapat juga menginstallnya melalui menu Install Ubuntu di dalamnya.

Atau jika ingin langsung menginstall tekan tombol Install Ubuntu.

Cara Install Ubuntu 12.04

Selanjutnya Pada Gambar dia atas "Preparing to install ubuntu". Anda minimal harus mempunyai ruang hardisk minimal sebesar 4,5 GB, dan pastikan mempunyai daya baterai yang cukup jika di install pada laptop.

Jika komputer terhubung ke internet, anda dapat mencentang Download Update While Installing untuk mendownload semua update dan Install third party software untuk mendownload codecs multimedia untuk memutar file video dan audio nantinya dan aplikasi tambahan sambil menginstall.

Namun saya sarankan tidak perlu mecentang karena akan membuat proses penginstallan berjalan lama. Sebagai gantinya anda dapat melakukan installasai codecs multimedia dan melakukan pembaruan sistem setelah Ubuntu terpasang.

Jadi langsung aja klik Continue untuk melanjutkan.

Cara Install Ubuntu 12.04

Selanjutnya Anda bisa memilih cara menginstal pilih Erese disk and install Ubuntu karena Hard Drive saya masih kosong. Mungkin ada sedikit perbedaan disini.  Jika komputer anda sudah terpasang Sistem Operasi Windows, anda dapat menemukan menu Delete Windows and Install Ubuntu dan menu Shrink Windows and Install Ubuntu Alongside.

Cara Install Ubuntu 12.04

Akan Muncul Layar seperti gambar di atas, langsung saja klik Install Now untuk instalasi Ubuntu.


Cara Install Ubuntu 12.04

Selanjutnya memilih Zona Waktu. Tetapkan zona waktu di daerah anda. Misalnya Jakarta


Cara Install Ubuntu 12.04

Memilih tipe Keyboard. Jika bingung biarkan saja Default. Lalu pilih Continue.


Cara Install Ubuntu 12.04

Isi data-data berikut seperti Nama Lengkap, Nama Komputer, Username, dan Password. Anda juga dapat memilih apakah ingin login otomatis ketika komputer di hidupkan atau menginginkan memasukkan password terlebih dahulu.

Anda juga dapat menentang Encrypt my home folder. Tapi saya sarankan tidak perlu. Karena akan menyusahkan anda nantinya.

Cara Install Ubuntu 12.04

Lalu akan muncul slideshow seperti berikut. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Lalu Reboot/ Restart komputer anda.

Selamat mencoba. ^_^

34 komentar:

  1. jg pengen beljar Linux ni.., soalx selama ini gk prnah mak linux.., mkasih brbagi.. *smile

    BalasHapus
  2. Coba aja gan... Mudah kok.. Linux sekarang beda dengan linux 10 tahun yang lalu... ^_^

    BalasHapus
  3. Nice inpo, sangat bermanfaat..
    mungkin kita bisa bertuker informasi atau backlink.. :D

    BalasHapus
  4. Wacanakomputer: Terimakasih..

    BalasHapus
  5. tapi itu os nya ada pilihan nya g setiap boot (dual boot) kayak dual boot win 7 dan win 8 .klo g bs dual boot mending tetep pake virtual box aja

    BalasHapus
  6. blognyafsoftware: Nanti ada pilihannya gan.. misal kita dualboot windows 7 dan Ubuntu, nanti pada pilihannya, mau masuk ke Ubuntu atau Windows..

    BalasHapus
  7. blognyafsoftware: Tapi kalau mau aman sih begini, kita bisa belajar dualboot dengan bantuan virtualbox. Misal komputer agan pake os Windows7 yang sudah terinstal virtualbox. lalu agan install windows xp dan ubuntu disana didalam satu virtual partisi. itu akan lebih aman dan tidak kuatir lagi akan kehilangan data jika terjadi kesalahan.
    Nah setelah sudah paham, baru dipraktekan dengan membuat dualboot sebenarnya.. :-)

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. makanaya belajar biar tau perkembangan zaman

      Hapus
  9. terima kasih sudah berbagi. ijin download ya.

    BalasHapus
  10. Nice Infonya gan, saya mengalami masalah pas di step gambar pertama itu nggak muncul, sblumnya saya pake ubuntu 09.04

    BalasHapus
  11. Pak saya menghadapi masalah ketika instal ubuntu. Setelah saya instal dan saya lepas flasdisnya pas direstart kok gak mau jalan ubuntunya.

    Nah ketika saya ganti bootnya ke usb dan saya cloikin lg fdnya malah jalan ubuntunya. Saya heran kok keinstalnya bkan ke hardisk tpi kok malah ke flasdisnya.

    Bagaimana tuh pak. Mhon pnjelasannya
    Ndhelon@gmail.com

    BalasHapus
  12. mas, aku punya problem. laptop ku (dell xps m1330) ga bisa masuk ke os nya (karna pake windows 8 mungkin). trus pengen ganti ke ubuntu. install lewat bios>boot from cd/dvd rw. tapi setelah itu, knapa ya dia bilang "no bootable devices"? padahal aku pengen pake ubuntu :(

    BalasHapus
  13. Namaku Syahrawi: Ini buat Ubuntu 12.04 gan.. :-) Sudah cek di settingan BIOS..?? Itu buatnya lewat CD atau Flashdisk..??

    BalasHapus
  14. seseorang: Apakah di pengaturan BIOS sudah di kembalikan lagi seperti semula? Prioritas/urutan booting pertama WAJIB ke hardisk lagi.

    BalasHapus
  15. Muhammad Ihsan: Apakah komputer agan ini menggunakan UEFI bios..?? Untuk uefi agan bisa langsung meluncur kesini: https://help.ubuntu.com/community/UEFI

    BalasHapus
  16. Maaf mas, aku blum trlalu ngerti tntang bios :'D jadi masih newbie :'D lagi pula laptop aku gabisa masuk ke OS nya, jadi gabisa ngapa ngapain :( bakal coba nanti mas :) aku buka link nya ya :D

    BalasHapus
  17. thanks gan tutorialnya....
    http;//www.rajalistrik.com

    BalasHapus
  18. Ijin nyimak.
    Terima kasih

    BalasHapus
  19. gan mau tanya ni,kalo kita mau ganti windows ke ubuntu...tanpa hapus data d gimana caranya ? adakah bagian untuk partisi diubuntu? soalnya gak pernah instal ubuntu sebelumnya .. makasih :)

    BalasHapus
  20. Kasus saya persis kaya agan seseorang diatas gan,bios udah di set ke.awal,apa masalah bot loader?itu wktu install di tarud di sda ato gmn gan?

    BalasHapus
  21. Aku mau belajar ama kalian tentang nginstal linux apa saja

    BalasHapus
  22. gan klo install linux ubuntu-12.04.3-server-i386 pake flashdisk. waktu di configure the keyboard kan di yes, terus d suruh nekan huruf aneh", trus msk d load installer components from cd. terus failed to copy file from cd-rom. retry?
    saya sudah masukin cd k kompi yg berisi file .iso dan saya coba file iso yg sudah saya extract msh ga bs. mohon pencerahan ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Rata-rata tipe keyboard itu pake layout English (US), tentukan aja langsung. jadi ga perlu cek manual dengan ketik huruf satu2.

      2. "failed to copy file from cd-rom". Agan nstallnya pake flashdisk atau pake CD?

      Hapus
  23. sudah dicoba dan berhasil... salam blogger.. :)

    http://ziever0930.blogspot.com/

    BalasHapus
  24. gan, saya sekarang pake windows pengen migrasi ke linux di laptop ada 3 partisi; saya pernah coba instal linux tpi semua partisi kehapus jadi satu partisi; kalo ingin instal linux tanpa menghapus dua partisi yang berisi file bagaimana caranya?

    BalasHapus
  25. gan,,tolong saya..saya mau instal ubuntu pke flasdsik tapi pas masuk ke setting bios nya gak bisa di lanjutin..dah milih di menu boot nya instal pake usb flasdisk tpi pas di enter gak tetap gak bisa jakan..apanya yang salah ya..mohon pencerahan nya gan....

    BalasHapus
  26. trimakasih sekali atas info panduan nya sangat ber manfaat sekali

    BalasHapus
  27. mas dah coba ubuntu 14 .. menu untuk dual bootnya gimana ya.. ga nongol.. mohon pencerahan grub2 nya mas

    BalasHapus


EmoticonEmoticon