04 April 2014

Bantu MariaDB dengan Kirimkan Statistik

mariadb-logoSaya mengunjungi website MariaDB dan tidak sengaja menemukan plugin bagus. Namanya feedback plugin. Plugin ini sebenarnya sudah ada di MariaDB sejak oktober 2011 yang digunakan untuk mengumpulkan statistik pengguna MariaDB. Tentu saja bukan data pribadi dari database Anda yang dikirimkan. Plugin ini hanya mengumpulkan informasi seperti OS yang anda pakai, negara mana saja yang menggunakan MariaDB, fitur-fitur apa saja yang diaktifkan, serta versi berapa MariaDB anda. Tujuan dari artikel ini untuk mendorong pengguna MariaDB untuk menggunakan dan mengaktifkan plugin tersebut.

Apa untungnya?
Memang tidak ada manfaat langsung yang anda dapatkan dengan mengirimkan statistik database anda ke pengembang MariaDB. Namun beberapa hal dibawah ini yang perlu diperhatikan.

  • Misalnya anda seorang programmer yang mengembangkan aplikasi opensource tertentu, tentunya anda senang jika tahu aplikasinya dipakai oleh banyak orang. Artinya aplikasi yang kita buat memberikan manfaat bagi banyak orang.
  • Ini merupakan cara termudah untuk berkontribusi. Mengaktifkan plugin ini akan membantu pengembang MariaDB membuat aplikasi ini menjadi lebih baik lagi.
  • Tidak sulit mengaktifkan plugin ini, ingatlah bahwa MariaDB adalah aplikasi gratis dan juga opensource, kita tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menggunakannya. Pihak MariaDB sangat menyarankan untuk mengaktifkan plugin ini, akan tetapi keputusan untuk mengaktifkan plugin ini sepenuhnya diserahkan kepada Anda.
mariadb user
Statistik penggunaan MariaDB dapat dilihat disini. Walaupun saat ini sudah banyak distro-disto linux beralih ke MariaDB dari MySQL. Lihatlah pengguna MariaDB yang menggunakan Windows lebih banyak statistiknya, entah karena memang pengguna MariaDB di windows memang banyak atau pengguna linux yang tidak mengaktifkan plugin ini.

Untuk mengaktifkan plugin ini sangatlah mudah. Masuk ke MariaDB dan jalankan perintah:
INSTALL PLUGIN feedback SONAME 'feedback';

Cek plugin tersebut apakah sudah berjalan dengan perintah:
SELECT plugin_status FROM information_schema.plugins WHERE plugin_name = 'feedback';


EmoticonEmoticon