17 September 2013

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF di Linux


resize pdf fileghostscript


Kita pasti sudah familiar dengan istilah format dokumen PDF oleh karena itu disini tidak akan dibahas apa itu PDF. Tetapi kita akan membahas cara mengecilkan ukuran file PDF di sistem operasi Linux. Untuk alasan tertentu misalnya saat kita disuruh mengirimkan file pdf melalui email ke dosen/teman kita, sedangkan layanan email yang kita gunakan hanya dibatasi maksimal beberapa MB saja, atau alasan lainnya, maka mengecilkan ukuran file PDF memang diperlukan.

Cara Mengkompres Ukuran File PDF


1. Install paket aplikasi ghostscript

Untuk distro linux apa saja yang belum memiliki paket aplikasi ghostscript bisa melakukan instalasi terlebih dahulu, misalnya:

Pada Fedora:
sudo yum install ghostscript
Pada openSUSE
sudo zypper install ghostscript
Pada Ubuntu dan Debian
sudo apt-get install ghostscript

2. Jalankan perintah ghostscript berikut :
gs -sDEVICE=pdfwrite -dCompatibilityLevel=1.4 -dPDFSETTINGS=/screen -dNOPAUSE -dQUIET -dBATCH -sOutputFile=output.pdf input.pdf

Keterangan:

- CompatibilityLevel=1.4 : Artinya file pdf yang sudah di kompres nantinya akan menghasilkan versi pdf 1.4. Kita dapat memasukan antara 1.4, 1.5, 1.6, 1.7, 1.8 dan 1.9. Tetapi untuk masalah kompatibelitas, gunakan saja versi 1.4 sehingga dapat di buka oleh semua aplikasi pdf reader.

- PDFSETTINGS=/screen : Merupakan tingkat kompresi yang diinginkan, terdapat beberapa pilihan yaitu: /screen, /ebook, /printer dan /prepress

- OutputFile=output.pdf : Merupakan nama file yang akan dihasilkan nantinya.

- input.pdf : Merupakan nama file yang akan kita kompres. Nama file yang kita masukkan bersifat case-sensitive yang artinya tidak boleh salah.

Hasil


Kemampuan ghostscript dalam mengkompres file pdf sangat luar biasa. Saya mengkompres file pdf ukuran 14,8 MB menggunakan opsi PDFSETTINGS=/screen menghasilkan output ukuran 1,7 MB. 

Cara mengkompres PDF di linux
Ukuran file pdf 14,8 MB


cara mengecilkan pdf
Ukuran file setelah di kompres menjadi 1,7 MB

Buktikan sendiri kemampuan aplikasi ghostscript ini..! :-D

3 komentar:

  1. Perbedaannya cukup tajam ya mas, 14 Mb jadi 1 Mb. Kreaktif!

    BalasHapus
  2. thanks gan!
    info compress file pdf sangat berguna....

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaykum.
    Terima kasih mas atas tipsnya. Alhamdulillah sangat membantu saya.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon