12 April 2013

Menghemat Pemakaian Daya Baterai Pada Laptop Linux

cara menghemat pemakaian daya baterai ubuntu
Menghemat pemakaian daya baterai pada distro linux merupakan impian bagi kebanyakan pengguna laptop/netbook. Jenis DE (Desktop Environment), distro, versi kernel, aplikasi yang berjalan, atau bahkan tingkat kecerahan layar monitor merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi pemakaian daya pada perangkat laptop.

Secara garis besar, ada 3 komponen yang paling banyak menggunakan daya di Laptop adalah Kartu Grafis, Hard Disk dan CPU. Saat ini sebagian besar CPU terbaru memiliki kemampuan throttling, yaitu  teknik dalam arsitektur komputer dimana prosesor dijalankan pada frekuensi "kurang maksimal" dalam rangka untuk menghemat daya.

Nah, tutorial kali ini akan membahas mengenai menggunaan fitur throttling pada CPU sehingga pemakaian daya baterai menjadi lebih hemat. Disini saya menggunakan paket aplikasi Laptop Mode Tools. Laptop Mode Tools adalah paket aplikasi untuk menghemat daya laptop pada sistem Linux yang memungkinkan anda untuk meningkatkan masa pakai baterai laptop anda.

Install Laptop Mode Tools

Untuk openSUSE
Anda dapat dengan mudah memasangnya menggunakan yaST.

install laptop-mode-tools linux


Untuk Debian dan Ubuntu
Download disini.

Konfigurasi Laptop Mode Tools

Sebenarnya kita tidak memerlukan konfigurasi tambahan setelah memasang paket aplikasi ini. Laptop Mode Tools sudah akan mengatur agar menekan pemakaian daya ketika anda menggunakan laptop dengan daya baterai. Tetapi jika anda ingin mengetahui dan membuat perubahan kecil, file konfigurasi ada di /etc/laptop-mode/laptop-mode.conf. Baca dengan baik baris komentar disana.

Tetapi jika anda tidak yakin, sekali lagi saya jelaskan bahwa laptop mode tools udah diatur secara default agar menekan pemakaian daya baterai tanpa anda melakukan konfigurasi lagi.

3 komentar:

  1. Tambahkan berapa jam tahan lamanya baterai akang setelah akang tes, ya?

    BalasHapus
  2. Mantab bener ni tips !!
    Sering-sering berkunjung ke blog http://k12share.blogpsot.com y gan ! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok gan... sudah di bookmark.. :-)

      Hapus


EmoticonEmoticon